Wednesday, May 2, 2012

Cara Menentukan Tipe Blog Anda (Personal Blog, Hobbies Blog, atau High Demand Niche Market Blog)

Untuk kali ini saya akan membahas tipe-tipe blog secara garis besar menurut beberapa sumber yang pernah saya baca. Untuk itu anda harus memikirkan, Apa tujuan anda membuat sebuah blog? Blog seperti apakah yang akan anda buat?

Menurut sumber yang pernah saya baca secara garis besar tipe-tipe blog yang dapat anda pilih adalah, personal blog, hobbies blog atau kadang disebut passion blog, dan high demand niche market blog. Hal ini harus anda tentukan sebelum anda membuat blog agar anda dapat fokus dalam mengembangkan blog anda. Dari masing-masing tipe blog pasti ada karakteristik yang berbeda, sehingga penting bagi anda untuk memahami satu-persatu sebelum menentukan tipe blog yang paling cocok.

Untuk yang pertama adalah Personal Blog atau blog pribadi, Blog ini adalah blog tentang diri anda sendiri. Blog ini sering juga disebut sebagai online diary karena di dalam blog tipe ini anda dapat menuliskan pengalaman anda sehari-hari, mulai dari hal-hal ringan sampai dengan hal yang serius. Seperti pengalaman-pengalaman lucu, menjengkelkan, kejadian buruk atau bahkan kejadian yang membahagiakan yang terjadi sepanjang hari. Personal Blog juga dapat berisi tentang tempat-tempat favorit anda, makanan favorit, atau pun tempat nongkrong favorit anda.

Meskipun topik yang anda angkat terlihat remeh karena hanya berisikan hal-hal ringan, namun blog seperti ini ternyata cukup laris. Apalagi jika format yang disajikan sangat menarik, pasti banyak komentar yang akan menghiasi setiap postingan anda. Hal terpenting dari Blog tipe ini adalah unsur hiburannya. Semakin segar cerita anda, semakin menarik cara anda menyampaikannya, maka blog anda akan semakin hidup. Anda juga dituntut untuk sering meng-update dengan cerita-cerita baru yang tidak kalah menarik.

Untuk tipe blog yang kedua adalah Hobbies Blog  atau Passion Blog. Sesuai dengan sebutannya, Blog ini berisi hal-hal yang paling anda sukai atau paling anda kuasai. Prinsipnya juga tidak terlalu berbeda dengan blog personal. Tetapi, dalam blog ini anda akan membahas pada satu bidang yang lebih spesifik. Hal yang dapat anda angkat dalam blog tipe ini adalah hobi anda, keahlian anda, atau justru sesuatu yang sedang anda pelajari.

Misalnya, jika anda punya hobi membaca kenapa tidak membuat blog tentang resensi buku-buku yang telah anda baca disertai dengan profil penulis, profil penerbit, atau pun hal-hal lainnya yang berhubungan dengan membaca seperti manfaat dari membaca, cara meresensi buku yang baik, ataupun tempat-tempat yang cocok untuk membaca..

Karena pembahasan yang spesifik, mengurus hobbies blog atau passion blog menuntut anda untuk terus mengikuti perkembangan terbaru dari dunia tersebut. Anda harus sering berinteraksi dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama dengan anda. Inti dari sebuah hobbies blog atau passion blog adalah anda harus benar-benar menguasai bidang tersebut luar dalam. Anda tidak perlu menjadi seorang pakar pada saat anda memulai, tapi teruslah memperluas wawasan anda dan pengetahuan anda tentang dunia tersebut. Karena begitu anda mempunyai pengunjung yang loyal, pada saat itulah anda akan dianggap sebagai pakar.

Tipe blog yang ketiga High Demand Niche Market Blog, blog ini dapat dibilang tipe blog yang paling serius. Karena blog ini memang dikhususkan sebagai blog bisnis. Topik yang diangkat dalam blog ini seperti biasanya satu topik (niche) spesifik dengan permintaan yang berjumlah besar. Selain berisi artikel, blog seperti ini juga menawarkan produk-produk yang berhubungan dengan topik blog.

Blogger yang inin membangun sebuah high demand niche market blog tidak dapat sembarangan memilih nama domain, akrena keterkaitan dama domain dengan kata kunci yang diincar menjadi pertimbangan utama. Bila pasar yang ditarget sudah ditemukan, selanjutnya blogger memasuki pasar sebagai seorang ahli. Anda harus mengisi blog anda dengan informasi-informasi seputar bidang tersebut, membahas persoalan-persoalan yang ada, dan kemudian mencoba menawarkan solusi berupa produk sendiri atau produk dari afiliasi yang anda ikuti.

Untuk membangun blog tipe ini, akan lebih baik jika anda berangkat dari hobi atau minat anda. Karena dengan memulai dari hobi atau minat anda, maka anda akan mengerti luar dalam dari apa yang anda bahas atau solusi apa yang anda tawarkan.

Untuk itu mulailah tentukan tipe blog anda dari sekarang. Apakah anda memilih personal blog, hobbies blog, atau high demand niche market blog?.

Sekian informasi yang dapat saya berikan. Jadi, apakah anda sudah mendapat gambaran dari jenis blog yang akan anda bangun atau akan anda kembangkan?
Personal blog
Hobbies blog
High demand niche market blog

No comments: