Tuesday, May 15, 2012

Tips Memilih Platform Blogger atau Wordpress

Setelah membahas tipe-tipe blog pada postingan sebelumnya, kali ini saya akan mencoba memberikan sedikit gambaran mengenai platform apa yang akan digunakan. Untuk itu saya akan membahas mengenai 2 Platform blog yang sangat populer di kalangan para blogger yaitu WordPress dan Blogger. Dari sekian banyak situs penyedia jasa blog gratis, Blogger dan WordPress sepertinya masih menjadi yang paling banyak digunakan, baik yang masih benar-benar gratis (dengan alamat URL berakhiran .blogspot.com atau .wordpress.com), maupun yang sudah memakai nama domain sendiri.

Pertanyaan yang muncul adalah Platform manakah yang sebaiknya digunakan untuk memulai sebuah blog? Blogger atau WordPress?


Blogger
Bagi saya pemakai Blogger, tentu lebih baik menggunakan Platform Blogger karena dari awal memang sudah menggunakan .blogspot.com jadi sudah terbiasa dengan Platform Blogger. Selain itu, berdasarkan beberapa referensi menggunakan Platform Blogger lebih hemat biaya. Karena Platform Blogger punya fasilitas custom domain. Dengan custom domain hanya mengeluarkan biaya sebanyakk $8.15 per tahun untuk nama domain. Jadi anda tidak perlu lagi membayar biaya hosting dan tidak perlu khawatir kehabisan bandwidth.
Platform Blogger


Satu lagi keuntungan bagi pengguna Platform Blogger adalah dikarenakan Blogger merupakan  salah satu anggota korporasi Google Inc. Jad blog ber-Platform Blogger tentu saja menjadi anak emas Google terkait dengan pagerank (PR) atau peringkat pada mesin pencari Google.

WordPress
Keunggulan utama Platform WordPress adalah fleksibilitasnya dengan berbagai macam plugin dan fitur. Yang paling membedakan Platform WordPress dengan Platform Blogger adalah pemilik blog dapat secara bebas menentukan stuktur permalink. tidak seperti pada Platform Blogger yang permalink-nya selalu "www.bloganda.com/2012/05/judul-posting.html", maka dalam Platform WorPress, permalink dapat dirubah menjadi "www.bloganda.com/judul-posting" atau "www.bloganda.com/kategori/judul-posting". Dengan permalink seperti ini, halaman-halaman dari blog dengan Platform WordPress akan lebih unggul di halaman hasil pencarian.
Platform WordPress

Ada sisi positif tentu ada pula sisi negatifnya. Sisi negatif dari Platform WordPress adalah anda harus menyewa hosting sendiri untuk dapat menikmati semua kemudahannya. Platform WordPress gratis (.wordpress.com) tidak dapat digunakan untuk menghasilkan uang karena sekali anda memasukkan iklan Google Adsense atau menulis paid review, maka account anda akan langsung dihentikan secara sepihak. Hal ini tentu tidak akan anda temukan dalam Platform Blogger, baik yang gratis (.blogspot.com) ataupun yang sudan menggunakan custom domain.


Untuk itu pemilihan Platform baik Blogger maupun WordPress dengan segala kelebihan dan kekurangannya, kembali pada tujuan awal pembuatan blog dan juga budget yang dimiliki. Kalau dana mencukupi, membeli nama domain dan sewa hosting dengan Platform WordPress akan lebih nyaman dengan segala fasilitas yang tersedia.

Jadi, ini hanya masalah kemudahan pemakaian, fitur yang disediakan, tujuan utama pembuatan blog, dan juga anggaran yang dimiliki. Tentunya pilihannya tetap ada di tangan anda sepenuhnya.

No comments: